Universitas Tertua di Indonesia

Di Indonesia, perguruan tinggi memiliki ragam jenis, mulai dari institute, sekolah tinggi hingga universitas. Ada perguruan tinggi negeri dan ada perguruan tinggi swasta.

Perguruan tinggi di Indonesia telah ada sejak zaman kolonialisme, bahkan kampus-kampus tersebut menjadi salah satu bentuk politik etis pemerintah Belanda kepada kaum pribumi pada kala itu.

Sejarah mencatat pendidikan tinggi di Indonesia sudah ada sejak 1849. Namun, dulunya sekolah tersebut belum seperti saat ini yang memiliki banyak fakultas dan program studi. Untuk itu, artikel ini akan membahas beberapa universitas tertua yang ada di Indonesia, yuk, kita simak dibawah ini!

Universitas Indonesia (UI)


UI sendiri telah dibangun sejak tahun 1849. Awalnya, UI memiliki nama Dokter-Djawa School, yang berubah menjadi School tot Opleiding Van Indische Artsen atau STOVIA pada tahun 1898.

Kampus ini kemudian berubah nama lagi menjadi Universitas Indonesia dan mulai digunakan pada tahun 1950.

Institut Teknologi Bandung (ITB)


Universitas tertua kedua di Indonesia yaitu ITB. Kampus ini berdiri sejak tanggal 3 Juli 1920, ITB dibangun oleh pemerintah Belanda de4ngan nama de Technische Hogeschool te Bandung (TH). Lalu pada 2 Maret 1959 pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya ITB.

TH mengalami perubahan nama ketika Jepang berkuasa pada 1944-1945 menjadi Bandung Kogyo Daigaku (BKD). Kemudian, saat Indonesia merdeka, nama BKD menjadi sekolah tinggi Teknik (STT) Bandung.

Sebelumnya, ITB sempat mejadi bagian dari UI dengan nama Universitas Indonesia untuk fakultas teknik dan fakultas ilmu pasti dan ilmu alam.

Universitas Gadjah Mada


UGM didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 19 Desember 1949. Menyandang status sebagai Universitas negeri tertua di Indonesia, UGM mengawali kiprahnya di dunia pendidikan tinggi dengan enak fakultas saja. Kini, salah satu universitas pertama di Indonesia ini telah memiliki 18 fakultas.

Institut Pertanian Bogor (IPB)


Kampus ini berdiri pada tahun 1940 ketika pendidikan tinggi pertanian diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya. Lalu, IPB resmi menjadi pada 1 September 1963 berdasarkan surat keputusan menteri perguruan tinggi dan ilmu pengetahuan 91/1963 dan disahkan keppres 279/1965.

Kelahiran IPB menemui titik terang dengan berdirinya fakultas ilmu pengetahuan pertanian, Universitas Indonesia di Bogor. Prof Dr PA Hoesin Djajadiningrat adalah tokoh yang berperan dalam menginisiasi berdirinya Fakultas Ilmu Pengetahuan Pertanian.

Universitas Airlangga (Unair)


Universitas ini diresmikan pertama kali oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno pada tanggal 10 November 1954 dan secara legal ditetapkan dalam PP nomor 57/1954.

Sejarah Unair diawali pendirian lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School dan Shool Tot Opleiding van Indische Tandartsen. Selanjutnya, pada tahun 1948, pemerintah colonial mendirikan andheelkunding Instituut yang merupakan cabang Universiteit van Indonesie Jakarta.

Universitas Hasanuddin


Universitas ini beridir pada tahun 1956 dengan nama yang terinspirasi dari pahlawan asal Sulawesi. Perjalannya dimulai pada 1947 melalui pendirian fakultas ekonomi yang merupakan cabang fakultas ekonomi universitas Indonesia (UI) Jakarta, berdasarkan keputusan letnan jenderal Gubernur pemerintahan Hindia Belanda. Sambil membaca universitas tertua, kamu dapat juga membaca makanan kalori tinggi dan memakan buah aprikot.

Pengembang fakultas ekonomi sempat tertunda, hingga sejumlah tokoh memperjuangkan pendirian kampus. Kerjasama Nuruddin Sahadat, Prof Drs GJ Wolhoff, Mr Tjia Kok Tjiang, JE Tatengkeng berhasil mendirikan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading.

Nah, itulah 5 universitas tertua yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat!

Komentar