5 Universitas Terbesar dan Terluas yang ada di Indonesia

 


Dunia pendidikan memang tidak akan pernah lepas dari namanya universitas. Baik itu universitas kedokteran terbaik sampai universitas terbesar yang ada di Indonesia.

Di ulasan ini, kami akan memberikan daftar universitas terbesar dan terluas yang ada di Indonesia. Daftar di bawah ini juga dikenal sebagai salah satu universitas terbaik yang kerap diincar oleh banyak orang.

Universitas apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

1. Universitas Sriwijaya


Daftar universitasterbesar yang pertama adalah Universitas Sriwijaya (UNSRI). UNSRI adalah salah satu perguruan tinggi negri (PTN) yang berada di Palembang, Sumatra Selatan. PTN ini memiliki luas kampus sebesar 721 Ha dan memiliki 2 lokasi kampus yang berbeda, yakni di Bukit Besar, Kota Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Di dalam UNSRI, terdapat 10 fakultas di antaranya adalah fakultas ekonomi, fakultas ilmu komputer, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas Kesehatan masyarakat, fakultas pertanian, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas mipa, fakultas teknik, fakultas hukum, dan fakultas kedokteran.

2. Universitas Riau


Masih dengan kampus yang ada di Pulau Sumatra, universitas terbesar selanjutnya adalah Universitas Riau (UNRI) yang berada di Pekanbaru. PTN ini didirikan oleh beberapa pelopor, seperti Soesman Hs, Kolonel Kaharuddin Nasution, Drs. Sutan Baila, dan Datuk Wan Abdurrahman. Luas dari kampus ini sendiri mencapai 700 Ha.

Terdapat 12 fakultas yang disediakan oleh UNRI untuk setiap mahasiswanya, yakni fakultas kedokteran, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas pertanian, fakultas ekonomi, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas perikanan dan ilmu kelautan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, program studi ilmu keperawatan, pasca sarjana, serta program doctor.

3. Universitas Andalas


Lagi-lagi Sumatra, universitas terbesar selanjutnya yang berada di pulau ini adalah Universitas Andalas (UNAND) yang berad di Kota Padang. PTN yang satu ini memiliki luas 502 Ha dan mempunyai 16 fakultas.

Keenam belas fakultas itu adalah, fakultas ekonomi, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas keperawatan, fakultas Kesehatan masyarakat, fakultas pertanian, fakultas peternakan, fakultas teknik, fakultas teknologi pertanian, fakultas mipa, fakultas teknologi informasi, dan program pasca sarjana.

4. Universitas Sumatera Utara


Seperti namanya, universitas terbesar yang satu ini berada di Sumatra Utara dan menjadi salah satu universitas dengan jurusan kedokteran terbaik. Universitas Suamatera Utara (USU) adalah salah satu PTN terbaik saat ini yang banyak sekali diminati oleh para calon mahasiswa dari segala penjuru tanah air.

PTN ini memiliki luas keseluruhan 416 Ha dengan 2 lokasi kampus yang berbeda. Kedua lokasi itu adalah, kampus utama di Padang Bulan dengan luas 116 Ha dan kampus kedua terletak di Kwala, dengan luas mencapai 300 Ha. PTN ini sendiri didrikan oleh Presiden Ir. Soerkarno sebagai salah satu orang yang disegani semasa hidupnya.

Terdapat 16 fakultas yang disediakan di dalam USU untuk setiap pendaftar di dalamnya, yaitu fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi, fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kehutanana, fakultas keperawatan, fakultas Kesehatan masyarakat, fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (MIPA), fakultas pertanian, fakultas psikologi, fakultas teknik, dan sekolas pascasarjana.

5. Universitas Indonesia


Beralih ke Jawa, Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu PTN terbaik dan diminati di Indonesia bahkan dunia serta menjadi salah satu universitas terbesar di Indonesia. PTN yang setiap tahunnya dibanjiri peminat ini memiliki luas sebesar 320 Ha dan berada di Depok, Jawa Barat.

Universitastertua ini juga menyediakan banyak fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa serta fakultas yang beragam. Daftar fakultas yang disediakan oleh PTN ini antara lain adalah, fakultas ilmu budaya, fakultas eknomi dan bisnis, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu administrasi, fakultas ilmu keperawatan, fakultas ilmu komputera, fakultas kedokeran, fakultas kedokteran gigi, fakultas Kesehatan masyarakat, fakultas psikologi, fakultas teknik, fakultas mipa, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, dan fakultas pendidikan vokasi.

Nah, itulah daftar universitas terbesar yang ada di Indonesia untuk kamu ketahui. Untuk membantu kamu dalam memasuki daftar universitas di atas, kamu dapat menggunakan aplikasi cerdas belajar  atau sejenisnya. Temukan fakta menarik dan artikel menarik lainnya seputar universitas di ulasan kami selanjutnya.

Komentar