Fakta Menarik Tentang Harvard University

 

Siapa yang tak pernah mendengar nama Universitas Harvard? Wah, rasanya universitas bergengsi yang berada di Amerika Serikat ini menjadi impian terbesar oleh sebagian pelajar, termasuk aktor tampan Kenny Austin yang pernah bercita-cita melanjutkan pendidikan di sana. Karena Harvard adalah salah satu universitas terbaik di dunia.

Harvard University berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat yang sudah ada sejak tahun 1636. Selain karena memiliki kekuatan akademisnya, universitas ini adalah salah satu universitas tertua yang ada di Amerika Serikat. Tak heran apabila proses seleksi untuk bisa menjadi mahasiswanya begitu sulit dan ketat.

Tapi tahukan kamu bahwa Harvard University menyimpan banyak sekali kisah dan cerita menarik? Nah, dalam ulasan ini kami sudah menyiapkan untuk kamu fakta menarik tentang Harvard University secara rinci dan kamu juga bisa melihat fakta negara Turkmenistan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Fakta Harvard University

  • Nama Universitas Harvard diambil dari nama John Harvard. Ia menjadi penyumbang terbesar di universitas ini dan John Harvard ternyata alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.
  • Sejak berdiri tahun 1636, Universitas Harvard tidak diikuti dengan kata university melainkan collage. Namun, pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.
  • Universitas Harvard mempunyai 9 fakultas ternama, seperti:

  1. Harvard Faculty of Arts and Sciences, 
  2. Harvard Medical School, 
  3. Harvard Divinity School, 
  4. Harvard Law School, 
  5. Harvard Bussiness School, 
  6. Harvard Graduate School of Design, 
  7. Harvard Graduate School of Education, 
  8. Harvard School of Public Health, 
  9. Kennedy School of Government.

  • Saking tuanya, kesembilan fakultas yang ada di Harvard University sudah ada sejak abad ke-9.
  • Hal yang membuat Harvard begitu istimewa salah satunya adalah memiliki kantin yang begitu megah, dan di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan desain modern klasik.
  • Banyak orang Amerika yang penasaran dan ingin berkunjung ke kantin Harvard University. Desain yang unik dan classy membuat tempat ini begitu terkenal dan fenomenal.
  • Universitas Harvard memiliki sebuah museum seni yang dikhusukan untuk menyimpan benda-benda kesenian kuno atau bersejarah. Harvard Art Museum terletak di Boston.
  • Harvard University memiliki sebuah patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkemabngan Universitas Harvard, yaitu John Harvard untuk menghormati jasanya.
  • Dulunya, John Harvard pernah menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk kampus terbaik ini.
  • Meski patung Harvard terpampang gagah di sudut kampus ini, namun sesungguhnya tidak ada yang tahu persis bagaimana wajah Harvard yang sebenarnya. Ketika melakukan studi dokumen, seluruh koleksi foto John Harvard telah hangus terbakar ketika terjadinya insiden kebakaran perpustakaan Harvard.
  • Untuk mengukuhkan sejarah dengan membuat patung John Harvard, akhirnya desainer patung, Daniel Chester French, menggaet seorang mahasiswa yang dianggapnya paling tampan di Harvard sebagai model pembuatan patung hitam slot.
  • Dalam patung John Harvard, tertulis nama Sherman Hoar yang dipastikan nama model mahasiswanya. Sherman Hoar adalah seorang mahasiswa Universitas Harvard angkatan tahun 1882.
  • Universitas Harvard memiliki 26 gerbang besar dan sedang.
  • Perpustakaan Universitas Harvard menjadi perpustakaan terbesar nomor dua di dunia setelah perpustakaan Kongres Amerika Serikat.
  • Perpustakaan ini memiliki 9 lantai dengan empat diantaranya adalah lantai basement. Hingga saat ini, koleksi buku cetakannya menjadi 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta jduul dan jumlah foto ada 8 buah.
  • Di kampus ini memiliki sebuah buku yang berjudul Des Destinees de I’ame yang bersampul dari kulit manusia. Buku ini membahas tentang kejiwaan dan sudah diterbitkan pada tahun 1880-an.
  • Bagi anda penggila bola, tentu akan mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah anda, bahwa ternyata meski usianya sudah senja, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Harvard University dengan fokus pada manajemen pengelolaan sebuah tim, yang dalam hal ini ialah tim Manchester United.
  • Jurnal yang diterbitkan di Universitas Harvard banyak dijadikan sebagai acuan orang di berbagai belahan dunia untuk mencapai hasil yang luar biasa.
  • Tidak hanya mengedepankan unsur sarana dan prasarana yang luar biasa megah, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif, yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.
  • Banyak dari warga Indonesia yang menempuh pendidikan di sini. Salah satunya adalah Agus Yudhoyona yang merupakan putra presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Semasa menempuh pendidikan di sana, beliau selalu rutin mengonsumsi jamu mengkudu yang dipercaya baik untuk kesehatan.

Nah, tiu fakta-fakta menarik dari Harvard University yang tidak banyak diketahui. Apakah kamu tertarik mengunjungi atau bermimpi untuk melanjutkan pendidikan di sini?

Komentar