Deretan Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2022

Hai sobat blog, siapa nih dari kamu yang mempunyai impian untuk kuliah di kampus terbaik di dunia? Mungkin banyak yah yang berkeinginan seperti ini. Tidak heran, hal tersebut dikarenakan pendidikan memang sesuatu yang sangat penting bagi seseorang.

Tidak jarang seseorang rela berkuliah dengan jarak berjuta kilometer dari negara asalnya, hanya karena untuk mendapatkan pengalaman dan cara pandang yang luas.

Pemerintah pun memberikan akses agar kamu lebih mudah untuk bisa berkuliah keluar negeri, salah satunya memberikan dana bantuan maupun beasiswa. Beasiswa yang diberikan bahkan terkadang membiayai kamu selama pendidikan hingga lulus.

Pemerintah melakukan program ini karena pendidikan adalah salah satu yang sangat berharga. Meski mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun program ini memiliki harapan agar anak bangsa yang dibiayai tersebut dapat berguna bagi bangsa dan negara.

Nah, sebelum kamu mengikuti program beasiswa untuk berkuliah di luar negeri, kamu harus mengetahui 5 Universitas yang memiliki kualitas terbaik di dunia.

Indikator yang digunakan dalam mengukur kualitas institusi ini diukur dari 4 bidang, yaitu pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Universitas Terbaik di Dunia

1. Massachusetts Institute of Technology, United States

Massachusetts Institute of Technology (MIT), merupakan universitas terbaik nomor satu di dunia. Universitas ini memiliki kelebihan dalam mentransformasi gagasan dari mahasiswanya, menjadi sebuah bisnis yang sukses.

MIT merupakan salah satu institusi riset swasta, yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Universitas ini merupakan salah satu bagian dari Asosiasi Universitas Amerika pada 1934, dan merupakan universitas tingkat penelitian terbaik di dunia.

Karena itu, tidak jarang mahasiswa lulusan dari Massachusetts Institute of Technology, langsung mendirikan perusahaan yang dikelola sendiri.

2. University of Oxford, United Kingdom

Universitas terbaik ke-2 di dunia ini terletak di Negara Inggris. Universitas ini adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris, dan secara rutin masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia.

Oxford menempati posisi satu selama tiga tahun berturut-turut dalam pemeringkatan Klinis, Pra-klinik dan Kesehatan. Selain itu, Universitas ini juga memiliki perpustakan dengan jumlah lebih dari 11 juta buku di dalamnya.

Beberapa Universitas tersebut merupakan pendidikan tinggi terbaik di dunia, tidak heran mengapa negara seperti Amerika dan Inggris, merupakan negara yang sangat maju. Ternyata pendidikan yang ada pada negara tersebut, merupakan pendidikan terbaik, di dunia.

3. Stanford University, United States

Stanford University terletak sekitar 60 kilometer bagian tenggara kota Fanscisco. Universitas ini memiliki bidang pendidikan yang sangat bagus, diantaranya adalah Teknik Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu Bumi serta Sains.

Universitas terbaik nomor 3 di dunia ini, secara konsisten tetap masuk dalam kategori 10 terbaik di dunia. Universitas Stanford selain unggul pada bidang pendidikan, ternyata unggul juga dalam bidang penelitiannya.

4. University of Cambridge United Kingdom

University of Cambridge merupakan universitas tertua ke- 2 dalam bidang bahasa Inggris. Universitas ini telah mencacat dalam sejarah, bahwa banyak lulusan, ilmuan, penulis, dan politisi yang merupakan lulusan universitas ini. Universitas ini terletak di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris.dan dibentuk sekitar tahun 1209, oleh para sarjana dari universitas Oxford.

5. Harvard University, United States

Peringkat nomor 3 dari universitas terbaik dunia adalah Harvard University. Mungkin salah satu bukti bahwa universitas ini sangat berkualitas adalah, banyaknya tokoh hebat di dunia, yang ternyata pernah berpendidikan di universitas ini.

Salah satu contohnya adalah mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Mantan presiden Amerika tersebut merupakan lulusan universitas Harvard jurusan hukum, pada tahun 1988.

Harvard University memiliki 9 fakultas, yang terdiri dari Fakultas Seni, Sains, Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Publich Health, dan Kennedy School of Government.

Oke sobat blog, itulah beberapa universitas terbaik di dunia tahun 2022 yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar